Electric Scooter for Kids Irving Texas

Electric Scooter for Kids Irving Texas

Ekonomi Dampak positif bagi suatu negara yang bergabung ke opec apa?

Dampak positif bagi suatu negara yang bergabung ke opec apa?

Adapun Manfaat APEC bagi Indonesia sebagai salah satu anggota adalah sebagai berikut.

1. Sebagai organisasi yang bersifat fleksibel, APEC menjadi sarana untuk membahas berbagai isu-isu pereknomian internasional.

2. APEC befungsi sebagai forum konsolidasi untuk membawa negara-negara menuju era perdagangan terbuka yang sejalan dengan prinsip perdagangan multilateral.

3. Meningkatkan peran masyarakat serta swasta yang ada di Indonesia menuju liberalisasi perdagangan. Hal ini berdasarkan pada salah satu pilar APEC terkait fasilitasi perdagangan dan investasi. Pilar tersebut diharapkan mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap dunia usaha Indonesia dalam hal ini adalah kelancaran arus distribusi barang dan jasa dari Indonesia sendiri kepada negara-negara anggota APEC yang lain. Contoh realisasi manfaat yang diterima Indonesia terkait poin ini antara lain penyederhanaan prosedur kepabeanan dan pelaksanaan APEC Bussiness Travel Card atau ABTC.

4. Meningkatkan Human and Capacity Building di Indonesia dengan kemampuan negara memanfaatkan berbagai proyek APEC untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM). Baik itu proyek yang disponsori para anggota organisasi atau melalui skema APEC.

5. Sebagai sumber untuk meningkatkan potensi ekonomi perdagangan serta investasi Indonesia. Manfaat yang diperoleh dari adanya organisasi adalah meningkatkan arus barang dan jasa, serta pertumbuhan ekonomi negara-negara yang tergabung sebagai anggota. Negara Indonesia sendiri mempunyai potensi yang terbilang besar jika ingin memanfaatkan pasar organisasi baik dalam hal ekspor maupun investasi. Hal itu dikarenakan kebanyakan negara anggota organisasi adalah mitra dagang Indonesia.

6. Sebagai forum untuk saling bertukar pengalaman. Forum organisasi biasanya berbentuk policy dialogue yang mempunyai manfaat besar, karena melaluinya dapat ditarik pelajaran serta pengalaman yang bersifat positif ataupun negatif, sehingga para anggota organisasi yang lain dapat menjadikannya sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil dan membuat kebijakan liberalisasi perdagangan dan investasi.

7. Memproyeksikan berbagai kepentingan Indonesia berdasarkan konteks ekonomi secara internasional.

8. Bergabung menjadi anggota APEC membuat Indonesia memiliki kemampuan untuk memproyeksikan berbagai kepentingan negara serta mengamankan posisinya dalam tata hubungan internasional yang bersifat bebas dan terbuka.

  1. Pertama, sebagai negara importir, pasokan minyak untuk Indonesia akan lebih terjamin. Jaminan ini perlu mengingat Indonesia harus bersaing dengan Cina, Jepang, Taiwan, dan Korea dalam mendapatkan minyak. “Kita bisa mengamankan lebih banyak lagi sumber-sumber impor kita,” kata dia di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis, 19 November 2015.
  2. Kedua, pemerintah harus bisa menarik anggota OPEC seperti Kuwait dan Qatar yang memiliki dolar banyak untuk menanamkan modal di Indonesia. Dengan begitu, investasi yang masuk akan lebih banyak lagi.
  3. Ketiga, dari segi diplomasi politik luar negeri, peluang Indonesia untuk mendapat sokongan semakin besar bila tertimpa masalah. Solidaritas antaranggota OPEC memang sangat besar.

semoga bermanfaat dan dapat membantu ya terimakasih

[answer.2.content]